Apa itu Saham?

Saham adalah


 Dalam berbisnis menghasilkan profit dalam waktu singkat tampaknya kian sulit bagi sebagian pebisnis pemula. Pasalnya seiring berjalannya waktu banyak kompetitor yang kian aktif menjajakan jenis usahanya tetapi semakin sedikit minat pembeli pada suatu produk ataupun jasa. Akan tetapi mencoba berinvestasi tampaknya cocok dilakukan jika ingin mendapat uang dalam jumlah banyak, Ya salah satunya adalah mencoba bermain Saham.

Apa itu Saham?

Saham adalah bukti penyertaan suatu modal kepemilikan usaha dengan imbalan investor yang nantinya diberikan surat berharga atas nama pribadi seharga dengan apa yang telah dibeli. Sedangkan pengertian saham menurut ahli Istijanto Oei adalah suatu surat berharga sebagai tanda kepemilikan terhadap perusahaan. Jadi ketika Investor membeli saham berarti dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Saham merupakan komponen penting ketika memulai suatu investasi karena dengan membeli saham berarti Anda setuju akan resiko yang harus diterima nantinya. Saham juga dapat dikatakan sebagai instrumen investasi karena potensi untuk meraih keuntungan cukup tinggi dan nantinya dana ini bisa digunakan sebagai modal usaha.

Apa sajakah jenis saham yang cocok untuk Anda?

1. Common Stock atau Saham Biasa

Common stock merupakan jenis saham biasa berbentuk sertifikat atau piagam yang mempunyai fungsi sebagai bukti kepemilikan suatu perusahaan. Jenis saham ini memiliki keuntungan dengan menghasilkan tingkat profit yang tinggi dalam jangka panjang karena pemegang saham memiliki hak penuh atas aset perusahaan yang dibayar penuh.

2. Blue Chip Stock

Blue chip stock adalah sebuah istilah yang diambil dari kasino dan diartikan sebagai saham lapis satu. Blue chip stock merupakan jenis saham dimana penanaman suatu modal investasi di suatu perusahaan besar yang labanya stabil. 

Blue chip stock merupakan pilihan tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi dalam jangka panjang karena dapat memberikan dividen secara teratur ketika bisnis berjalan tidak seimbang. Kekurangannya ialah untuk penanaman investasi blue chip membutuhkan modal yang lebih tinggi dari saham lainnya.

3. Saham Preferen

Preffered stock atau Saham Preferen adalah jenis saham bersifat akumulatif dimana pemegang saham akan mendapatkan dividen terlebih dulu berupa pendapatan tetap yang akan diterima setiap kuartal tiga bulan.

Cara kerja saham preferen yakni pemegang saham akan mendapatkan dividen setiap 3 bulan sekali dalam jumlah yang tetap, misal ; nilai nominal bursa saham sekitar 50.000 dan dividen 10% maka perusahaan membayar dividen sebesar 5000 secara teratur. 

4. Income Stock

Income stock adalah jenis saham yang membayar dividen secara teratur dengan menawarkan pendapatan tetap selama periode waktu dengan eksposur resiko yang cukup rendah. 

Biasanya saham ini menghasilkan pembayaran dividen stabil dalam arti presentase pembagian hasil meningkat secara teratur dengan modal lebih rendah dengan nilai yang tinggi, contohnya adalah perusahaan wallmart.

Seberapa pentingnya saham untuk Anda?

Saham memiliki sejumlah peran penting bagi pebisnis berskala besar maupun kecil. Dengan menginvestasikan sebagian uang untuk bermain saham maka Anda akan merasakan dividen atau pembagian hasil di masa mendatang. Saham juga memiliki nilai yang fluktuatif setiap bulannya bahkan ketika investor mempercayai saham sebagai investasi maka sekitar 90% dari modal yang di tanamkan akan kembali 100% lebih dari nilai modal. 

Kesimpulan yang bisa diperoleh bahwa kehadiran saham sangatlah penting bagi Anda yang ingin berinvestasi. Selain keuntungan yang cukup tinggi saham juga bisa dipercaya dapat memberikan nilai pengetahuan berlebih dalam menganalisis keadaan pasar global.

tag: saham pwon hari ini, bbca bloomberg, kren saham, saham disney, saham alibaba, saham hanson, saham ptpp, harga saham google.

Selain itu manfaat saham lainnya adalah bisa digunakan sebagai investasi jangka panjang dan tabungan di hari tua karena profit yang dihasilkan cukup tinggi dan nominalnya pun melebihi dari laba penjualan produk atau jasa serta keseluruhan profit menjadi hak milik pribadi.

Share This Article :
Copyright © 2021 Safelink
How To Use
  1. Put the link on the Safe Link Converter box with http:// or https://
  2. Use CTRL + V on keyboard to put the link.
  3. Click the Safe Link Now! button to get encrypted link.
  4. Click the for Copy your link to clipboard!
  5. Done.

You also can use Lock Feature for Secure your encrypted link.
Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]