Apa itu Investasi? Beserta Contoh dan Manfaatnya Untuk Anda

Apa itu Investasi


Tahukah kamu? Ketika berbisnis ada kalanya melakukan investasi di tahap awal guna memperlancar jalannya suatu usaha. Akan tetapi biasanya sebagian pemula sukar mengenal istilah dari investasi sehingga mereka ragu mengeluarkan dana besar maupun kecil.

Apa itu Investasi?

Investasi adalah penanaman modal usaha dengan tujuan mendapat keuntungan dari dana yang telah di investasikan. Pengertian Investasi dalam arti singkat ialah penanaman modal dalam bentuk aktiva yang bertujuan memperoleh laba.

Pengertian Investasi menurut ahli yakni Eduardus Tandelilin mengemukakan bahwa Investasi adalah komitmen seseorang untuk mengeluarkan sejumlah uang atau dana atau yang berasal dari sumber lainnya dengan tujuan untuk mendapat dan memperoleh keuntungan di masa mendatang.

Apa saja Contoh dari Investasi?

Pengemban bisnis pasti memiliki nalar cermat untuk mengolah suatu investasi agar memperoleh keuntungan signifikan. Sebelum mengeluarkan dana untuk berinvestasi ada kalanya Anda mengetahui contoh-contoh dari Investasi agar tak salah langkah.

1. Investasi Jangka Pendek

Investasi jangka pendek dimana dana yang dikeluarkan tak terlalu besar biasanya Investasi ini dilakukan para pemula yang ingin memulai suatu bisnis tetapi masih ragu untuk menyisihkan sebagian pendapatan mereka. Salah satu contoh Investasi Jangka Pendek yakni :

A.  Deposito

Deposito merupakan investasi jangka pendek yang minim resiko. Selain membuat uang Anda aman, deposito juga memberikan jangka waktu dengan mengelola uang yang Anda simpan dalam kisaran 1 bulan hingga 1 tahun. Ketentuan ini nantinya disepakati antara nasabah dengan pihak bank serta terdapat suku bunga yang lebih tinggi dari tabungan biasa.

B. Peer to peer Lending

P2P Lending adalah platform online yang mempertemukan antara pihak pemberi pinjaman 

( Investor ) dengan peminjam. P2P Lending termasuk investasi jangka pendek untuk memperbesar usaha mereka dengan menambahkan modal usaha sesuai dengan keinginan.

2. Investasi Jangka Panjang

Berbeda dengan investasi jangka pendek, Investasi Jangka Panjang dapat bertahan dalam kurun waktu puluhan tahun lamanya. Investasi Jangka Panjang adalah penanaman aset berupa uang ataupun barang yang memiliki nilai dalam jangka waktu lebih dari satu tahun. Salah satu contoh Investasi Jangka Panjang yakni :

A. Emas

Jika Anda ingin memulai investasi jangka panjang adalah dengan menabung emas. Emas merupakan salah satu aset berharga yang bernilai fantastis karena harga emas sangat fluktuatif dengan mencapai nilai tertinggi ketika di jual ketika harganya sedang melonjak.

B. Membeli Dollar

Sama dengan emas nilai tukar dollar setiap hari berubah-ubah sesuai dengan titik pangsa pasar global. Dollar sebagai salah satu investasi jangka panjang terbaik karena nilai tukarnya semakin melonjak ketika pasar saham mengalami penurunan.

C. Properti

Properti termasuk salah satu investasi jangka panjang yang menggiurkan, pasalnya jenis investasi ini memiliki sertifikat hak milik misalnya saja tanah, apartment dan bangunan yang bisa Anda sewakan maupun jual-beli. 

Selain memiliki banyak contoh dan jenisnya, Investasi juga memiliki manfaat untuk Anda tanpa mengenal batas usia.

Berikut manfaat investasi yang perlu Anda ketahui :

1. Sebagai tabungan hari tua

Setiap insan manusia pasti tak selamanya bekerja karena memiliki batas usia. Memulai investasi sama dengan mengumpulkan tabungan berjangka untuk hari tua dan itulah aset berharga yang nantinya menolong Anda ketika kondisi Anda sedang terdesak akibat himpitan ekonomi.

2. Menciptakan pertumbuhan ekonomi

Investasi juga dapat menciptakan pertumbuhan ekonomi baik untuk individu maupun dalam skala nasional. Investasi juga sangat berpengaruh terjadap PDB dengan banyaknya pebisnis baru yang bermunculan, tentu dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi perkapita.

3. Terhindar dari Inflasi

Inflasi merupakan kenaikan harga barang yang terjadi secara terus-menerus karena meningkatnya permintaan barang dan berkurangnya stok yang memadai. Agar terhindar dari inflasi maka memulai investasi adalah pilihan tepat untuk mengurangi peredaran uang dalam bentuk riil menjadi aset yang memiliki nilai di masa mendatang.

Penutup

Cukup itu saja untuk hari ini tentang apa itu Investasi. Jika ada pertanyaan silakan berkomentar.

Share This Article :
Copyright © 2021 Safelink
How To Use
  1. Put the link on the Safe Link Converter box with http:// or https://
  2. Use CTRL + V on keyboard to put the link.
  3. Click the Safe Link Now! button to get encrypted link.
  4. Click the for Copy your link to clipboard!
  5. Done.

You also can use Lock Feature for Secure your encrypted link.
Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]